Perkembangan dan Kemampuan Oromotor Pada Si kecil



Bagi bayi, kegiatan minum adalah hal yang sungguh luar biasa. menurut Dokter kegiatan makan dan minum anak akan merangsang perkembangan motorik otot-otot di sekitar mulut dan otot-otot wajah bayi, atau yang dikenal sebagai oromotor ( Oral motorik ). Keterampilan Oromotor ini meliputi otot-otot pada wajah, rahang, langit- langit, kerongkongan dan tenggorokan ( laring ). Mangkanya,anda perlu membuat nya senang minum dengan memilih alat bantu yang pas, sesuai dengan usia nya.


       Usia 0-6 bulan


 
Bayi sudah memiliki keterampilan mengisap yang disebut refleks mengisap ( rooting refleks ) untuk minum ASI. Dengan itu, bayi bisa membuka mulut, melakukan gerakan mengisap dan menelan. Gerakan mengisap dan menelan. Gerakan menghisap ini diikuti oleh gerakan lidah untuk mendorong dan menekan puting payudara ibu, sehingga air susu keluar.


       Usia 6-9 bulan 
       Rahang bayi semakin kuat, gigi mulai tumbuh dan kita sudah bisa mengendalikan sesuatu yang masuk ke dalam mulutnya. Gelas tertutup dengan ujung lubang berbentuk meruncing (sippy cup) dapat menjadi sarana untuk memulai melatih keterampilan minum dari gelas.


        Umur 9-12 bulan
        Anak sudah mampu mengatur jumlah cairan yang ditelan dan menahan air di rongga mulutnya sejenak ditelan. Anda bisa mulai memberinya minum dengan sedotan. Setelah mahir Anda bisa membiasakan minum dari gelas.



Oke sobat cuma sekian wacana yang saya berikan Semoga bermanfaat limata Pembaca sekalian terima kasih.





Popular posts from this blog

Mengatasi kulit ketiak menghitam

Cara Menata Kamar Tidur Supaya Terlihat Lebih Luas